Minggu, 28 Juni 2015

RPP Polimer

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Yogyakarta
Mata Pelajaran             : Kimia
Kelas/Semester            : XII /Dua       
Materi pokok               : Polimer (Polimer Kondensasi)
Alokasi Waktu             : 2 JP (2 x 45 menit)
 


A.     Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalamberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.     Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar dari KI 1
1.1. Mengamalkan  ajaran agama sesuai dengan kepercayaan masing-masing yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari
Indikator:
1.1.1.      Mengamalkan ajaran agama dalam setiap kegiatan pembelajaran
1.1.2.      Mengimplementasikan ajaran agama dalam kehidupan
Kompetensi Dasar dari KI 2
2.1. Mengikuti kegiatan pembelajaran dengan penuh tanggungjawab, disiplin, peduli, serta mampu bekerjasama dengan teman
Indikator
2.1.1.      Mengikuti pembelajaran dengan penuh tanggung jawab, disiplin
2.1.2.      Bekerjasama serta peduli dengan teman
Kompetensi Dasar dari KI 3
3.9. Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan penggolongan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)
Indikator

3.9.1        Menuliskan pengertian polimer kondensasi
3.9.2        Menjelaskan sifat polimer kondensasi
3.9.3        Menjelaskan kegunaan polimer kondensasi dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar dari KI 4

4.9.Menalar dan menganalisis struktur, tata nama, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)

Indikator
4.9.1        Terampil dalam menganalisis sifat dan kegunaan polimer kondensasi
C.     Tujuan
Setelah mempelajari materi ini maka siswa diharapkan mampu:
1.1.1.1.Mengawali kegiatan pembelajaran dengan salam  dan berdoa
1.1.1.2.Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan doa dan salam
2.1.1.1.Mengikuti pembelajaran dengan penuh tanggungjawab serta disiplin
2.1.2.1.Bekerjasama dengan teman dalam menyelesaikan persoalan kegiatan pembelajaran
2.1.2.2.Peduli terhadap teman sejawat
3.8.1.1  Menuliskan pengertian polimer
3.8.1.2  Menuliskan perbedaan polimerisasi kondensasi dan adisi
3.8.1.3  Menuliskan contoh bahan yang berasal dari polimerisasi kondensasi
3.8.1.4  Menuliskan sifat dari polimerisasi kondensasi
3.8.1.5  Menuliskan perbedaan polimer termoplastik, thermoset dan elastomer
3.8.1.6  Menuliskan contoh perbedaan polimer alam dan sintesis
4.9.1.1  Terampil dalam menganalisis sifat dan kegunaan polimer kondensasi

D.     Materi Pembelajaran
Polimer kondensasi

E.     Pendekatan, Model, dan Metode pembelajaran
Pendekatan                        : Scientific Approach
Model                    : Inkuiri terbimbing
Metode                  : NHT, Diskusi, Review

F.      Media, alat dan Sumber belajar
Media : PPT, LKS
Alat : LCD, spidol
Sumber Belajar :
Sutresna, Nana. 2013. Cerdas Belajar Kimia. Bandung: Grafindo Media Pratama
Budi Rahardjo, Sentot. 2014. Kimia Berbasis Eksperimen Kelas XII. Solo: Platinum.
Johari,J.M.C. dan Racmawati.2006. Kimia SMA dan MA untuk kelas XII. Jakarta: Esis
Syukri.1999. Kimia Dasar 3. Bandung: Penerbit ITB.
Salam, Agus, Sutarto dan David Dwi Wicaksono.2013.Ensiklopedia Kimia 4. Jakarta: PT Lentera Abadi.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran


Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis.
Guru bertanya pakaian terbuat dari apa? Kain, kain tersusun dari apa? Benang, benang terbuat dari apa ? nilon, nilon terbuat dari apa?..............
Botol air minum terbuat dari apa? Plastik, plastik terbuat dari apa?
Pernah lihat kapas? Tersusun dari apa?
Nah anak-anak kita akan belajar mengenai penyusun dari itu semua yaitu polimer ?
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10’
A.     Kegiatan Inti Guru
Mengamati
1.      Guru menjelaskan secara garis besar polimer dengan menampilkan power point.
2.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok heterogen dalam hal kemampuan
3.      Setiap kelompok diberi nama kelompok dan masing-masing siswa mendapat satu nomor
4.      Guru membagikan LKS menjelaskan petunjuk diskusi kelompok
5.      Siswa menunggu perintah dari guru untuk mengerjakan LKS, dimana masing-masing kelompok mempunyai tanggung jawab memahamkan kepada teman sekelompoknya
Mengkomunikasikan
6.      Siswa dipersilahkan untuk berdiskusi dengan teman sekelompok untuk menjawab soal dalam LKS
7.      Siswa mengkomunikasikan hasil pengamatannya dengan teman sekelompoknya dan guru membantu siswa menemukan konsep yang belum dipahaminya
Menanya
8.      Guru  mempersilahkan siswa untuk bertanya  bila ada yang belum jelas.
Mencari informasi
9.      Siswa membaca materi bahan ajar untuk mengumpulkan informasi mengenai pertanyaan yang ada dalam LKS
10.  Guru mengamati kerja masing-masing kelompok dan menilai pada lembar penilaian.
Mengkomunikasikan
11.  Guru mengundi nomor siswa yang akan  mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai jawaban pada LKS yang telah dilakukan.
12.  Guru memberikan penilaian atas hasil kerja kelompok dan menilai siswa dalam berkomunikasi lisan serta penampilan saat persentasi
13.  Guru meminta siswa untuk mengambil undian selanjutnya untuk mempresentasikan jawaban diskusi kelompok pada pertanyaan selanjutnya sampai tugas di LKS selesai
14.  Guru menilai kinerja siswa
15.  Guru menjelaskan materi yang dirasa perlu penguatan.
Mengasosiasi
16.  Guru bertanya mengenai bagaimana kegunaan Polimer terkhusus kondensasi dalam kehidupan





40’


mengamati, menanya, mencari informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan,


































15’





20’





B.     Penutup
·      Guru menunjuk beberapa siswa untuk menyimpukan tentang apa yang dipelajari (menarik kesimpulan)
·      Guru memberikan tugas baca materi selanjutnya yaitu polimerisasi adisi

5’

























Penilaian

No
Aspek
Mekanisme dan Prosedur
Instrumen
Keterangan
1.
Sikap
-          Observasi Kerja Kelompok
- Lembar Observasi

2.
Pengetahuan
-          Tes Tertulis
-          Soal Post test

3.
Ketrampilan
-          Kinerja Presentasi
-          Laporan LKS
-          Kinerja Presentasi
-          Rubrik Penilaian


H.    Lampiran

1.      Kisi-kisi
2.      Post Test
3.      Lembar penilaian
4.      Kunci Jawaban Post Test
5.      Bahan Ajar
6.      LKS
7.      Kunci Jawaban LKS


Yogyakarta .....................
Kepala SMA Negeri 2 Yogyakarta                               Guru Mata Pelajaran KIMIA
                                                                                   

                                               
............................                                                        Zaenal Arifin, S.Pd
NIP. ........................                                                    NIM. 14325299026



1 komentar:

  1. titanium iv chloride | Titanium Arts
    Titanium-arts 2018 ford fusion hybrid titanium is the world's finest and titanium nipple bars finest 실시간 바카라 사이트 샤오 미 carbon fiber, mens titanium wedding rings steel, zinc, titanium white wheels magnesium, platinum, and pure free carbon fibre.

    BalasHapus