RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMA Negeri 2 Yogyakarta
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XII /Dua
Materi
pokok : Polimer (Polimer Kondensasi)
Alokasi
Waktu : 2 JP (2 x 45 menit)
A. Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalamberinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar
Kompetensi Dasar dari KI 1
1.1. Mengamalkan ajaran agama sesuai dengan kepercayaan
masing-masing yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari
Indikator:
1.1.1.
Mengamalkan
ajaran agama dalam setiap kegiatan pembelajaran
1.1.2.
Mengimplementasikan
ajaran agama dalam kehidupan
Kompetensi Dasar dari
KI 2
2.1. Mengikuti kegiatan pembelajaran
dengan penuh tanggungjawab, disiplin, peduli, serta mampu bekerjasama dengan
teman
Indikator
2.1.1.
Mengikuti
pembelajaran dengan penuh tanggung jawab, disiplin
2.1.2.
Bekerjasama
serta peduli dengan teman
Kompetensi Dasar dari KI 3
3.9. Menganalisis
struktur, tata nama, sifat dan penggolongan makromolekul (polimer, karbohidrat,
dan protein)
Indikator
3.9.1
Menuliskan pengertian polimer kondensasi
3.9.2
Menjelaskan sifat polimer kondensasi
3.9.3
Menjelaskan kegunaan polimer kondensasi dalam
kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar dari KI 4
4.9.Menalar
dan menganalisis struktur, tata nama, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer,
karbohidrat, dan protein)
Indikator
4.9.1
Terampil
dalam menganalisis sifat dan kegunaan polimer kondensasi
C. Tujuan
Setelah
mempelajari materi ini maka siswa diharapkan mampu:
1.1.1.1.Mengawali kegiatan pembelajaran dengan salam dan berdoa
1.1.1.2.Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan doa dan
salam
2.1.1.1.Mengikuti pembelajaran dengan penuh tanggungjawab
serta disiplin
2.1.2.1.Bekerjasama dengan teman dalam menyelesaikan
persoalan kegiatan pembelajaran
2.1.2.2.Peduli terhadap teman sejawat
3.8.1.1
Menuliskan
pengertian polimer
3.8.1.2
Menuliskan
perbedaan polimerisasi kondensasi dan adisi
3.8.1.3
Menuliskan
contoh bahan yang berasal dari polimerisasi kondensasi
3.8.1.4
Menuliskan
sifat dari polimerisasi kondensasi
3.8.1.5
Menuliskan
perbedaan polimer termoplastik, thermoset dan elastomer
3.8.1.6
Menuliskan
contoh perbedaan polimer alam dan sintesis
4.9.1.1
Terampil
dalam menganalisis sifat dan kegunaan polimer kondensasi
D. Materi
Pembelajaran
Polimer kondensasi
E.
Pendekatan, Model, dan Metode
pembelajaran
Pendekatan : Scientific Approach
Model : Inkuiri terbimbing
Metode : NHT, Diskusi, Review
F. Media,
alat dan Sumber belajar
Media : PPT, LKS
Alat : LCD, spidol
Sumber Belajar :
Sutresna, Nana. 2013. Cerdas
Belajar Kimia. Bandung: Grafindo Media Pratama
Budi Rahardjo, Sentot. 2014. Kimia
Berbasis Eksperimen Kelas XII. Solo: Platinum.
Johari,J.M.C. dan Racmawati.2006. Kimia SMA dan MA untuk kelas XII. Jakarta:
Esis
Syukri.1999. Kimia Dasar 3. Bandung: Penerbit ITB.
Salam, Agus, Sutarto dan David
Dwi Wicaksono.2013.Ensiklopedia Kimia 4.
Jakarta: PT Lentera Abadi.
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
|
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari
guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis.
Guru
bertanya pakaian terbuat dari apa? Kain, kain tersusun dari apa? Benang,
benang terbuat dari apa ? nilon, nilon terbuat dari apa?..............
Botol
air minum terbuat dari apa? Plastik, plastik terbuat dari apa?
Pernah
lihat kapas? Tersusun dari apa?
Nah
anak-anak kita akan belajar mengenai penyusun dari itu semua yaitu polimer ?
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran
|
10’
|
A.
Kegiatan
Inti Guru
Mengamati
1. Guru
menjelaskan secara garis besar polimer dengan menampilkan power point.
2. Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok heterogen dalam hal kemampuan
3. Setiap
kelompok diberi nama kelompok dan masing-masing siswa mendapat satu nomor
4. Guru membagikan LKS menjelaskan petunjuk
diskusi kelompok
5. Siswa menunggu perintah dari guru untuk
mengerjakan LKS, dimana masing-masing kelompok mempunyai tanggung jawab
memahamkan kepada teman sekelompoknya
Mengkomunikasikan
6. Siswa dipersilahkan untuk berdiskusi dengan teman
sekelompok untuk menjawab soal dalam LKS
7. Siswa
mengkomunikasikan hasil pengamatannya dengan teman sekelompoknya dan guru
membantu siswa menemukan konsep yang belum dipahaminya
Menanya
8. Guru mempersilahkan siswa untuk bertanya bila ada yang belum jelas.
Mencari informasi
9.
Siswa membaca materi bahan
ajar untuk mengumpulkan informasi mengenai pertanyaan yang ada dalam LKS
10. Guru
mengamati kerja masing-masing kelompok dan menilai pada lembar penilaian.
Mengkomunikasikan
11. Guru
mengundi nomor siswa yang akan mempresentasikan hasil diskusi kelompok
mengenai jawaban pada LKS yang telah dilakukan.
12. Guru
memberikan penilaian atas hasil kerja kelompok dan menilai siswa dalam
berkomunikasi lisan serta penampilan saat persentasi
13. Guru meminta
siswa untuk mengambil undian selanjutnya untuk mempresentasikan jawaban
diskusi kelompok pada pertanyaan selanjutnya sampai tugas di LKS selesai
14. Guru
menilai kinerja siswa
15. Guru
menjelaskan materi yang dirasa perlu penguatan.
Mengasosiasi
16. Guru bertanya mengenai bagaimana kegunaan Polimer
terkhusus kondensasi dalam kehidupan
|
40’
mengamati, menanya, mencari informasi, mengasosiasi dan
mengomunikasikan,
15’
20’
|
B.
Penutup
·
Guru menunjuk beberapa siswa untuk menyimpukan
tentang apa yang dipelajari (menarik kesimpulan)
·
Guru
memberikan tugas baca materi selanjutnya yaitu polimerisasi adisi
|
5’
|
|
|
Penilaian
No
|
Aspek
|
Mekanisme dan Prosedur
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
Sikap
|
-
Observasi
Kerja Kelompok
|
-
Lembar Observasi
|
|
2.
|
Pengetahuan
|
-
Tes
Tertulis
|
-
Soal
Post test
|
|
3.
|
Ketrampilan
|
-
Kinerja
Presentasi
-
Laporan
LKS
|
-
Kinerja
Presentasi
-
Rubrik
Penilaian
|
|
H. Lampiran
1.
Kisi-kisi
2.
Post
Test
3.
Lembar
penilaian
4.
Kunci
Jawaban Post Test
5.
Bahan
Ajar
6.
LKS
7.
Kunci
Jawaban LKS
Yogyakarta .....................
Kepala
SMA Negeri 2 Yogyakarta Guru
Mata Pelajaran KIMIA
............................ Zaenal Arifin, S.Pd
NIP. ........................ NIM.
14325299026
titanium iv chloride | Titanium Arts
BalasHapusTitanium-arts 2018 ford fusion hybrid titanium is the world's finest and titanium nipple bars finest 실시간 바카라 사이트 샤오 미 carbon fiber, mens titanium wedding rings steel, zinc, titanium white wheels magnesium, platinum, and pure free carbon fibre.