RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMA Negeri 2 Yogyakarta
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI /Dua
Materi
pokok : Larutan Penyangga
Alokasi
Waktu : 1 x 2 JP
A. Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalamberinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
dasar
Kompetensi dasar dari KI 3
3.13. Mempelajari pengertian dan sifat
serta prinsip kerja dari larutan penyangga.
Indikator
1.
Mengetahui pengertian larutan penyangga dari hasil
percobaan
2.
Mengetahui
sifat larutan penyangga dari hasil percobaan
3.
Mengetahui
prinsip kerja larutan penyangga
4.
Mengetahui
komponen penyusun dari larutan penyangga
Kompetensi
dasar dari KI 4
4.13Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan
sifat larutan
penyangga.
Indikator
1. Terampil dalam menggunakan alat dalam
penentuan sifat larutan penyangga
C. Tujuan
Setelah
mempelajari materi ini maka siswa diharapkan mampu:
1.
Mengetahui pengertian larutan penyangga dari hasil
percobaan
2.
Mengetahui
sifat larutan penyangga dari percobaan
3.
Mengetahui
prinsip kerja larutan penyangga
4.
Mengetahui
komponen penyusun dari larutan penyangga
5.
Terampil
dalam menggunakan alat dalam penentuan sifat larutan penyangga
D. Materi
Pembelajaran
Sifat larutan penyangga atau
Buffer
E.
Pendekatan, Model, dan Metode pembelajaran
Pendekatan : Scientific Approach
Model : Inkuiri terbimbing
Metode : Eksperimen, Diskusi, Review
F. Media,
alat dan Sumber belajar
Media :PPT, LKS
Alat : LCD, alat praktikum,
spidol
Sumber Belajar :
Sutresna, Nana. 2013. Cerdas
Belajar Kimia. Bandung: Grafindo Media Pratama
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
|
|
Kegiatan
|
Waktu
|
A.
Pendahuluan
1)
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari
guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
2)
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis,
3)
Guru bertanya mengenai pH dari HCl ketika diencerkan
sebanyak 10 kali? Berkurang
4)
Guru bertanya bagaimana pH NaOH yang diencerkan hingga
sepuluh kali ? berkurang
5)
Kalau ditambahkan sedikit asam dan atau sedikit basa,
gimana pHnya ? bertambah dan berkurang
6)
Adakah larutan yang ketika diencerkan memiliki pH yang
tetap?
7)
Nah pada hari
ini kita akan mencari tahu adakah larutan atau campuran yang memiliki
sifat-sifat yang demikian
Guru menjelaskan topik yang akan dibahas : sifat
larutan penyangga
8)
Siswa
menerima tujuan, pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
10’
|
B.
Kegiatan
Inti Guru
1. Guru
membagikan lembar kerja siswa dan membagi siswa perkolompok yang heterogen
dalam hal kemampuan.
Mengamati
2. Guru
memperkenalkan alat, fungsi dan cara menggunakannya
Observasi
3. Siswa
melakukan percobaan sesuai dengan prosedur yang ada dalam LKS.
Mengumpulkan
Data
4.
Siswa mulai percobaaan pertama yaitu dengan mengukur
volume larutan yang akan diambil, dan memasukan dalam gelas kimia siswa yang
lain menyiapkan indikator universal.
5.
Siswa memasukkan indikator ke dalam larutan yang
telah diukur untuk menentukan pH awal larutan.
6. Guru
mengamati kerja masing-masing kelompok dan menilai pada lembar penilaian.
7. Siswa
memasukkan ke masing-masing gelas kimia sebanyak 10 ml larutan NaCl 0,1
kemudian masing-masing gelas ditambahkan HCl 0,1 M, NaOH 0,1 M dan 10 ml
aquades. Kemudian mengukur pH masing-masing gelas dengan menggunakan
indikator universal.
8. Siswa yang
lain mencatat hasil pengamatan
9. Siswa
melakukan percobaan kedua dengan cara kerja sama seperti percobaan pertama
dimana siswa yang lain mengamati dan mencatat hasil pengamatan.
Mendiskusikan
10. Guru
mempersilahkan siswa untuk berdiskusi kembali untuk menjawab pertanyaan dalam
LKS
11. Guru
menilai sikap siswa dalam kegiatan berkelompok
Mengkomunikasikan
12. Siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai jawaban pada percobaan yang
telah dilakukan.
13. Guru
memberikan penilaian atas hasil kerja kelompok dan menilai siswa dalam berkomunikasi
lisan serta penampilan saat persentasi
Mengasosiasi
14. Guru
menyilahkan siswa untuk mendiskusikan mengenai pertanyaan selanjutnya dalam LKS
dengan membaca materi ajar yang telah dibagikan.
15. Siswa
kembali berdiskusi untuk menjawab pertanyaan selanjutnya dalam LKS
16. Guru
menyilahkan masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi
sambil menilai hasil diskusi siswa
17. Guru
menambahkan jawaban yang dirasa kurang dengan menampilkan materi yang
dianggap kurang dipahami di layar slide
|
40’
mengamati, menanya, mencari informasi,
mengasosiasi dan mengomunikasikan,
15’
|
C.
Penutup
·
Guru menunjuk beberapa siswa untuk menyimpukan
tentang apa yang dipelajari (menarik kesimpulan)
·
Guru
memberikan Post test mengenai materi yang telah diberikan
·
Guru
memberikan tugas baca bagi siswa untuk materi berikutnya
|
5’
10’
|
|
|
H.
Penilaian
No
|
Aspek
|
Mekanisme dan Prosedur
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
Sikap
|
-
Observasi
Kerja Kelompok
|
-
Lembar Observasi
|
|
2.
|
Pengetahuan
|
-
Tes
Tertulis
|
-
Soal
Post test
|
|
3.
|
Ketrampilan
|
-
Kinerja
Presentasi
-
Laporan
LKS
|
-
Kinerja
Presentasi
-
Rubrik
Penilaian
|
|
I. Lampiran
1.
Lembar
penilaian
2.
Kisi-kisi
3.
Post
Test
4.
Kunci
Jawaban Post Test
5.
Bahan
Ajar
6.
LKS
7.
Kunci
Jawaban LKS
Yogyakarta .....................
Kepala
SMA Negeri ........ Guru
Mata Pelajaran KIMIA
............................ Zaenal Arifin, S.Pd
NIP. ........................ NIM.
14325299026
0 komentar:
Posting Komentar