Minggu, 28 Juni 2015

RPP Hidrolisis Garam

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Yogyakarta
Mata Pelajaran             : Kimia
Kelas/Semester            : XI /Dua         
Materi pokok               : Larutan Penyangga
Alokasi Waktu             : 1 x 2 JP
 


A.     Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalamberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.     Kompetensi dasar
Kompetensi dasar dari KI 3
3.13. Mempelajari pengertian dan sifat serta prinsip kerja dari larutan penyangga.

Indikator
1.      Mengetahui  pengertian larutan penyangga dari hasil percobaan
2.      Mengetahui sifat larutan penyangga dari hasil percobaan
3.      Mengetahui prinsip kerja larutan penyangga
4.      Mengetahui komponen penyusun dari larutan penyangga

Kompetensi dasar dari KI 4                                                                                         
4.13Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan sifat larutan penyangga.


Indikator
1.      Terampil dalam menggunakan alat dalam penentuan sifat larutan penyangga

C.     Tujuan
Setelah mempelajari materi ini maka siswa diharapkan mampu:
1.      Mengetahui  pengertian larutan penyangga dari hasil percobaan
2.      Mengetahui sifat larutan penyangga dari percobaan
3.      Mengetahui prinsip kerja larutan penyangga
4.      Mengetahui komponen penyusun dari larutan penyangga
5.      Terampil dalam menggunakan alat dalam penentuan sifat larutan penyangga
D.     Materi Pembelajaran
Sifat larutan penyangga atau Buffer
E.     Pendekatan, Model, dan Metode pembelajaran
Pendekatan                        : Scientific Approach
Model                    : Inkuiri terbimbing
Metode                  : Eksperimen, Diskusi, Review

F.      Media, alat dan Sumber belajar
Media :PPT, LKS
Alat : LCD, alat praktikum, spidol
Sumber Belajar :
Sutresna, Nana. 2013. Cerdas Belajar Kimia. Bandung: Grafindo Media Pratama
G.    Langkah-langkah Pembelajaran


Kegiatan
Waktu
A.     Pendahuluan
1)    Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
2)    Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis,
3)    Guru bertanya mengenai pH dari HCl ketika diencerkan sebanyak 10 kali? Berkurang
4)    Guru bertanya bagaimana pH NaOH yang diencerkan hingga sepuluh kali ? berkurang
5)    Kalau ditambahkan sedikit asam dan atau sedikit basa, gimana pHnya ? bertambah dan berkurang
6)    Adakah larutan yang ketika diencerkan memiliki pH yang tetap?
7)    Nah pada hari  ini kita akan mencari tahu adakah larutan atau campuran yang memiliki sifat-sifat yang demikian
Guru menjelaskan topik yang akan dibahas : sifat larutan penyangga
8)    Siswa menerima tujuan, pembelajaran yang akan dilaksanakan

10’
B.     Kegiatan Inti Guru
1.      Guru membagikan lembar kerja siswa dan membagi siswa perkolompok yang heterogen dalam hal  kemampuan.
Mengamati
2.      Guru memperkenalkan alat, fungsi dan cara menggunakannya
Observasi
3.      Siswa melakukan percobaan sesuai dengan prosedur yang ada dalam LKS.
Mengumpulkan Data
4.      Siswa mulai percobaaan pertama yaitu dengan mengukur volume larutan yang akan diambil, dan memasukan dalam gelas kimia siswa yang lain menyiapkan indikator universal.
5.      Siswa memasukkan indikator ke dalam larutan yang telah diukur untuk menentukan pH awal larutan.
6.      Guru mengamati kerja masing-masing kelompok dan menilai pada lembar penilaian.
7.      Siswa memasukkan ke masing-masing gelas kimia sebanyak 10 ml larutan NaCl 0,1 kemudian masing-masing gelas ditambahkan HCl 0,1 M, NaOH 0,1 M dan 10 ml aquades. Kemudian mengukur pH masing-masing gelas dengan menggunakan indikator universal.
8.      Siswa yang lain mencatat hasil pengamatan
9.      Siswa melakukan percobaan kedua dengan cara kerja sama seperti percobaan pertama dimana siswa yang lain mengamati dan mencatat hasil pengamatan.
Mendiskusikan
10.  Guru mempersilahkan siswa untuk berdiskusi kembali untuk menjawab pertanyaan dalam LKS
11.  Guru menilai sikap siswa dalam kegiatan berkelompok
Mengkomunikasikan
12.  Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai jawaban pada percobaan yang telah dilakukan.
13.  Guru memberikan penilaian atas hasil kerja kelompok dan menilai siswa dalam berkomunikasi lisan serta penampilan saat persentasi
Mengasosiasi
14.  Guru menyilahkan siswa untuk mendiskusikan mengenai pertanyaan selanjutnya dalam LKS dengan membaca materi ajar yang telah dibagikan.
15.  Siswa kembali berdiskusi untuk menjawab pertanyaan selanjutnya dalam LKS
16.  Guru menyilahkan masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi sambil menilai hasil diskusi siswa
17.  Guru menambahkan jawaban yang dirasa kurang dengan menampilkan materi yang dianggap kurang dipahami di layar slide






40’


mengamati, menanya, mencari informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan,


































15’





C.     Penutup
·      Guru menunjuk beberapa siswa untuk menyimpukan tentang apa yang dipelajari (menarik kesimpulan)
·      Guru memberikan Post test mengenai materi yang telah diberikan
·      Guru memberikan tugas baca bagi siswa untuk materi berikutnya

5’



10’




H.    Penilaian
No
Aspek
Mekanisme dan Prosedur
Instrumen
Keterangan
1.
Sikap
-          Observasi Kerja Kelompok
- Lembar Observasi

2.
Pengetahuan
-          Tes Tertulis
-          Soal Post test

3.
Ketrampilan
-          Kinerja Presentasi
-          Laporan LKS
-          Kinerja Presentasi
-          Rubrik Penilaian


I.       Lampiran
1.      Lembar penilaian
2.      Kisi-kisi
3.      Post Test
4.      Kunci Jawaban Post Test
5.      Bahan Ajar
6.      LKS
7.      Kunci Jawaban LKS


Yogyakarta .....................
Kepala SMA Negeri ........                                            Guru Mata Pelajaran KIMIA
                                                                                   

                                               
............................                                                        Zaenal Arifin, S.Pd
NIP. ........................                                                    NIM. 14325299026




0 komentar:

Posting Komentar