RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMA Negeri 2 Yogyakarta
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XII /Satu
Materi
pokok : Elektrolisis dan Faraday
Alokasi
Waktu : 2 x 2 JP (1 JP Tes Formatif)
A. Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalamberinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar
Kompetensi Dasar dari KI 1
1.1. Mengamalkan ajaran agama sesuai dengan kepercayaan
masing-masing yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari
Indikator:
1.1.1.
Mengamalkan
ajaran agama dalam setiap kegiatan pembelajaran
1.1.2.
Mengimplementasikan
ajaran agama dalam kehidupan
Kompetensi Dasar dari
KI 2
2.1. Mengikuti kegiatan pembelajaran
dengan penuh tanggungjawab, disiplin, peduli, serta mampu bekerjasama dengan
teman
Indikator
2.1.1.
Mengikuti
pembelajaran dengan penuh tanggung jawab, disiplin
2.1.2.
Bekerjasama
serta peduli dengan teman
Kompetensi Dasar dari KI 3
3.1 Mengevaluasi
gejala atau proses yang terjadi dalam contoh sel elektrokimia (sel volta dan
sel elektrolisis) yang digunakan dalam kehidupan.
Indikator
3.1.2
Menuliskan reaksi yang terjadi pada sel elektrolisis dengan
berbagai larutan dan electrode
3.1.3
Memprediksi banyaknya gas yang terbentuk dalam
proses elektrolisis
3.1.4
Memprediksi massa yang terbentuk dari suatu sel
elektrolisis
3.1.5
Memprediksi banyaknya massa unsur yang terbentuk
dalam proses elektrolisis yang melibatkan satu ataupun lebih larutan dengan
arus yang sama
Kompetensi Dasar dari KI 4
4.1 Menciptakan
ide/gagasan/ produk sel elektrokimia.
4.2 Memecahkan
masalah terkait dengan perhitungan sel elektrokimia
Indikator
4.1.1
Terampil
dalam menggunakan alat percobaan elektrolisis dan memprediksi senyawa yang
terbentuk dalam katoda dan anoda
4.2.1
Memecahkan
masalah dalam perhitungan kimia di kehidupan sehari-hari
C. Tujuan
Setelah
mempelajari materi ini maka siswa diharapkan mampu:
1.1.1.1.Mengawali kegiatan pembelajaran dengan salam dan berdoa
1.1.1.2.Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan doa dan
salam
2.1.1.1.Mengikuti pembelajaran dengan penuh tanggungjawab
serta disiplin
2.1.2.1.Bekerjasama dengan teman dalam menyelesaikan
persoalan kegiatan pembelajaran
2.1.2.2.Peduli terhadap teman sejawat
3.1.1.1
Menuliskan
perbedaan sel elektrolisis dan sel volta
3.1.1.2
Menuliskan
reaksi yang terjadi pada sel elektrolisis dengan berbagai larutan dan electrode
3.1.1.3
Menggambarkan
diagram sel elektrolisis
3.1.1.4
Memprediksi
banyaknya gas yang terbentuk dalam proses elektrolisis
3.1.1.5
Memprediksi
pH dalam elektroda
3.1.1.6
Memprediksi
banyaknya massa unsur yang terbentuk
dalam proses elektrolisis yang melibatkan satu ataupun lebih larutan dengan
arus yang sama
4.1.1.1
Terampil
dalam menggunakan alat percobaan elektrolisis
4.1.1.2
Memprediksi
senyawa atau gas yang terbentuk dalam katoda dan anoda
4.2.1.1
Memecahkan
masalah dalam perhitungan kimia elektrolisis di kehidupan
D. Materi
Pembelajaran
Elektrolisis dan Faraday
(terlampir)
E.
Pendekatan, Model, dan Metode
pembelajaran
Pendekatan : Scientific Approach
Model : Inkuiri terbimbing
Metode : Eksperimen, Diskusi, Review
F. Media,
alat dan Sumber belajar
Media : PPT, LKS
Alat : LCD, spidol
Sumber Belajar :
Sutresna, Nana. 2013. Cerdas
Belajar Kimia. Bandung: Grafindo Media Pratama
Budi Rahardjo, Sentot. 2014. Kimia
Berbasis Eksperimen Kelas XII. Solo: Platinum.
Johari,J.M.C. dan Racmawati.2006. Kimia SMA dan MA untuk kelas XII. Jakarta:
Esis
Syukri.1999. Kimia Dasar 3. Bandung: Penerbit ITB.
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
|
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari
guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis,
Guru
bertanya elektrokimia yang telah dipelajari
(sel
volta)
Bagaimana
dengan perubahan energinya ?
Perubahan
dari energi kimia menjadi energi listrik
Bagaimana
aplikasi sel volta dalam kehidupan
sehari-hari?
Digunakan
pada sel baterai dan sel aki
Pernahkah
kalian melihat tukang sepuh? menyepuh cincin, atau krom pada kendaraan?
(Ada
yang pernah dan ada yang tidak)
Nah
penyepuhan menggunakan apa?
Listrik
Apakah
termasuk sel volta bukan?
(Ingat
bahwa sel volta berprinsip perubahan energi kimia menjadi energi listrik)
Nah
sekarang bila penyepuhan adalah membutuhkan energi listrik
Maka
termasuk sel volta bukan ?
Bukan
Nah
bila sel volta menghasilkan listrik maka penyepuhan memerlukan listrik.
Disebut
sel apa bila suatu reaksi memerlukan listrik untuk menghasilkan reaksi kimia
Nah
kita akan mempelajari sel yang digunakan untuk penyepuhan, kalau kebalikan
sel volta disebut apa? Sel elektrolisis
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran
|
10’
|
A.
Kegiatan
Inti Guru
Mengamati
1. Siswa melakukan percobaaan sederhana elektrolisis
dengan menggunakan larutan KI
2. Siswa untuk mengamati perubahan ketika dialiri
arus listrik
3. Siswa mencabut elektroda
4. Siswa untuk menambahkan indikator PP pada tabung
diberi anoda
5. Siswa
untuk mengamati perubahan warna dan mencatat dalam lembar pengamatan serta
mengukur pHnya
6. Siswa
menambahkan indicator amilum pada tabung yang
katoda dan melihat perubahan warnanya
7. Mencatat
perubahan pada lembar pengamatan
Mengkomunikasikan
8. Siswa
mengkomunikasikan hasil pengamatannya dengan teman sekelompoknya dan guru
membantu siswa menemukan konsep reaksinya
9. Guru
menanyakan kenapa terjadi perubahan warna menjadi coklat kehitaman
Warna
coklat menunjukkan terdapat iodin (I2)
10. Sedangkan
tabung yang satu ?
Terdapat
gelembung udara
Nah
kenapa bisa terdapat gelembung udara
Di
katoda terdapat ion K+ dan H2O
Nah
ketika terjadi reaksi reduksi coba perbandingkan nilai standar reduksi antara
K+ =-3,05 dan H2O= -0,83 dan ternyata yang menang
adalah H2O maka yang terjadi reaksi reduksi adalah H2O
11. Lihat
di anoda akan terdapat ion iod dan air kemudian membandingkan nilai standar
oksidasinya
I-
menjadi I2 = -0,54
H2O
= -1,23
Maka
yang menang adalah iodin sehingga iodinlah yang akan teroksidasi
Nah bagaimana dengan yang lain
Mengamati dan bertanya
12. Siswa
mengamati LKS dan membaca sekilas, guru mempersilahkan siswa untuk
bertanya bila ada yang belum jelas.
Mencari informasi
13. Siswa membaca materi bahan ajar untuk mengumpulkan
informasi mengenai pertanyaan yang ada dalam LKS
Mengkomunikasikan, mendiskusikan
14. Siswa
mendiskusikan jawaban dalam LKS.
15. Guru
mengamati kerja masing-masing kelompok dan menilai pada lembar penilaian.
Mendiskusikan
16. Guru
mempersilahkan siswa untuk berdiskusi kembali untuk menjawab pertanyaan dalam
LKS
17. Guru
menilai sikap siswa dalam kegiatan berkelompok
Mengkomunikasikan
18. Siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai jawaban pada LKS yang telah
dilakukan.
19. Guru
memberikan penilaian atas hasil kerja kelompok dan menilai siswa dalam
berkomunikasi lisan serta penampilan saat persentasi
20. Guru
mengundi siswa yang beruntung untuk menjawab pertanyaan pertanyaan dengan menuliskannya
di papan tulis
21. Guru
menilai kinerja siswa
22. Guru
menjelaskan materi yang dirasa perlu penguatan.
Mengasosiasi
23. Guru bertanya mengenai bagaimana kegunaan
elektrolisis dalam kehidupan sehari-hari
|
40’
mengamati, menanya, mencari informasi, mengasosiasi
dan mengomunikasikan,
15’
20’
|
B.
Penutup
·
Guru menunjuk beberapa siswa untuk menyimpukan
tentang apa yang dipelajari (menarik kesimpulan)
·
Guru
memberikan tugas baca materi hukum Faraday bagi siswa untuk materi
berikutnya
|
5’
|
|
|
Pertemuan kedua
|
|
Kegiatan
|
Waktu
|
A.
Pendahuluan
1)
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari
guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
2)
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis,
3)
Guru bertanya elektrokimia yang telah dipelajari
(sel
elektrolisis)
Bagaimana
dengan perubahan energinya ?
Perubahan
dari energi listrik menjadi energi kimia
Bagaimana
aplikasi sel elektrolisis dalam
kehidupan sehari-hari?
Digunakan
pada pengisian kembali sel aki
Penyepuhan
logam.
Bila
kita ingin menyepuh cincin besi dengan tembaga yang bermassa 2 gram,
bagaimana caranya?
Arus
listrik yang dipakai pada penyepuhan ini berapa banyak?
Waktu
yang diperlukan berapa lama?
Nah kita akan mempelajari aplikasi
sel elektrolisis untuk penyepuhan dan yang menemukan adalah Michael Faraday
dan hukumnya disebut Hukum Faraday
4)
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran
|
10’
|
B.
Kegiatan
Inti Guru
Mengamati
1. Guru menampilkan video tentang pelapisan logam
2. Guru meminta siswa untuk mengamati perubahan
ketika dialiri arus listrik
3. Guru menyuruh siwa untuk menuliskan reaksinya
Mengamati dan bertanya
4. Siswa
mengamati LKS dan membaca sekilas, guru mempersilahkan siswa untuk
bertanya bila ada yang belum jelas.
Mencari informasi
5.
Siswa membaca materi bahan
ajar untuk mengumpulkan informasi mengenai pertanyaan yang ada dalam LKS
Mengkomunikasikan, mendiskusikan
6. Siswa
mendiskusikan jawaban dalam LKS.
7. Guru
mengamati kerja masing-masing kelompok dan menilai pada lembar penilaian.
Mendiskusikan
8. Siswa untuk
berdiskusi kembali untuk menjawab pertanyaan dalam LKS
9. Guru
menilai sikap siswa dalam kegiatan berkelompok
Mengkomunikasikan
10. Siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai jawaban pada LKS.
11. Guru
memberikan penilaian atas hasil kerja kelompok dan menilai siswa dalam
berkomunikasi lisan serta penampilan saat persentasi
12. Guru
mengundi siswa yang beruntung untuk menjawab pertanyaan pertanyaan dengan
menuliskannya di papan tulis
13. Guru
menilai kinerja siswa
14. Guru
menjelaskan materi yang dirasa perlu penguatan.
Mengasosiasi
15. Guru bertanya mengenai bagaimana kegunaan
elektrolisis dalam kehidupan sehari-hari
|
20’
mengamati, menanya, mencari informasi,
mengasosiasi dan mengomunikasikan,
15’
|
C.
Penutup
·
Guru menunjuk beberapa siswa untuk menyimpukan
tentang apa yang dipelajari (menarik kesimpulan)
·
Guru
memberikan tes formatif mengenai materi yang telah diberikan
·
Guru
memberikan tugas baca bagi siswa untuk materi berikutnya
|
5’
45’
|
|
|
Penilaian
No
|
Aspek
|
Mekanisme dan Prosedur
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
Sikap
|
-
Observasi
Kerja Kelompok
|
-
Lembar Observasi
|
|
2.
|
Pengetahuan
|
-
Tes
Tertulis
|
-
Soal
Post test
|
|
3.
|
Ketrampilan
|
-
Kinerja
Presentasi
-
Laporan
LKS
|
-
Kinerja
Presentasi
-
Rubrik
Penilaian
|
|
H. Lampiran
1.
Lembar
penilaian
2.
Kisi-kisi
3.
Post
Test
4.
Kunci
Jawaban Post Test
5.
Bahan
Ajar
6.
LKS
7.
Kunci
Jawaban LKS
Yogyakarta .....................
Kepala
SMA Negeri 2 Yogyakarta Guru
Mata Pelajaran KIMIA
............................ Zaenal Arifin, S.Pd
NIP. ........................ NIM.
14325299026
0 komentar:
Posting Komentar