Kamis, 28 April 2011

Kisah Salah Niat

Dari  Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dia berkata, "saya mendengar Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda," Orang yang pertama kali diadili pada hari kiamat adalah  lelaki yang mati syahid, lalu ditunjukkan kepadanya nikmat-nikmat sehingga ia mengenalnya. AllahTa'ala berfirman,' Apa yang kamu kerjakan dengannya?' Ia menjawab,' Saya telah berpperang untuk-Mu sehingga aku mati syahid.' Kemudian dikatakan, 'Kamu berdusta, akan tetapi engkau berperang supaya dijuluki sang pemberani, dan kamu telah mendapatkannya.' Kemudian diperintahkan kepadanya maka diseretlah kepalanya dan dilempar ke dalam neraka.
Dan lelaki yang belajar ilmu dan mengajarkannya serta membaca Al-Qur'an. Ia Dihadapkan lalu ditunjukkan kepadanya nikmat-nikmat sampai ia mengenalinya, Allah Ta'ala berfirman,' Apa yang kamu perbuat dengannya?' Ia berkata, 'Aku belajar ilmu dan mengajarkannya serta aku membaca Al Quran karena-Mu.' Allah Ta'ala berfirman,' Kamu berdusta, tetapi kamu belajar supaya kamu disebut sebagai orang yang alim (pandai), dan kamumembaca Al Quran supaya dijuluki sebagai qori'. Sehingga hal tersebut  telah diucapkan,' Kemudian diperintahkanlah untuk menyeret wajahnya dan dilemparkan ke dalam neraka.
Dan lelaki yang Allah lapangkan resekinya, Allah memberikan segala jenis harta kepadanya, lalu dia dihadapkan kepadanya  sehingga dikenalinya nikmat-nikmat tersebut . Allah Ta'ala berfirman,' Apa yang telah engkau perbuat dengannya?" Ia menjawab,' Aku tidak pernah meninggalkan sesuatu pun yang Engkau sukai untuk berinfak dijalannya, kecuali aku telah menginfakkannya karena Engkau.' Allah Ta'ala berfirman,' Kamu berdusta, Akan tetapi kamu berbuat demikian supaya kamu dikatakan sang dermawan. Dan itu telah kamu dapatkan.' Kemudian diperintahkanlah untuk menyeret wajahnya dan dilemparkan ke dalam neraka.
(HR. Muslim No 1905)
Segala sesuatu tergantung daripada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang itu hanya mendapatkan  sesuai dengan apa yang diniatkannya…..(HR. Bukhari dan Muslim)
Wallahu A'lam

0 komentar:

Posting Komentar