Kamis, 11 Agustus 2011

"Mbak Kulo Kimia"


Motivasi itu masih ada dalam diriku walaupun sudah ada semenjak 9 tahun yang lalu ketika masuk di kelas I D di madrasah Tsanawiyah model pare, bertepatan pada hari itu pelajaran fisika yang di ajar oleh pak yono. ketika itu bapak yono menjelaskan mengenai pembagian-pembagian ilmu pengetahuan alam (IPA). bapak bertanya kepada kami mengenai itu maka banyak yang menjawab IPA itu dibagi menjadi dua tapi aku malah menjawab  dibagi 3. maka langsung saja pak yono memandangiku dan bertanya dengan logat jawanya ' kau zaenal lhakok mbok jawab telu opo2 ae kui sebutne se (lha kenapa dijawab  3 apa2 saja itu sebutkan), maka kujawab "pertama fisika kemudian biologi dan ketiga kimia pak"jawabku.  "kenapa disebutkan kimia" tanya pak yono , maka kujawab "mergakne mbak kulo belajar kimia". Namun karena pak yono sudah tua dan mungkin pendengarannya rada'2 tul maka " ia kaget " haa mbak kulo kimia( haa kakakmu kimia)"maka sontak teman2ku tertawa "bukan pak tapi mbak saya belajar kimia"belaku. dan itulah sapaanku kemudian oleh pak yono ketika aku belajar pelajarannya yaitu fisika. "mbak kulo kimia"

6 tahun sesudahnya Alhamdulillah aku lulus di Universitas Negeri Makassar dengan jurusan kimia. entah aku rasa ini takdirku dari kata-kata itu "mbak kulo kimia" akhirnya empat tahun aku bergelut  dengan kimia hingga saat ini dan ternyata pada akhir studiku ini aku tahu bahwa memang kakakku itu adalah jurusan kimia karena disinilah aku belajar mengenai jati diriku. aku belajar mengenai kebesaran Allah yang telah menciptakan atom yang begitu kecil dan sebagainya. dan pada saat ini, aku masih tetap teringat sambil tersenyum bahwa mbak kulo kimia.

sungguminasa, catatan motivasikiu

0 komentar:

Posting Komentar